Tips Makan Murah dan Hemat di Changi International Airport

Teman-teman pasti tahu biaya hidup di Singapore yang tergolong mahal, apalagi urusan perut selagi transit di sana.

Jika kita makan di dalam Changi International Airport, minimal kita harus merogoh kocek SGD 10-15. Itupun tidak kenyang buat perut saya, alias hanya mampu memenuhi setengah dari kapasitas perut saya.

Begitupun jika makan di luar airport, tidak bisa terlalu menghemat anggaran menurut saya.

Satu-satunya cara bisa makan kenyang sampai puas dan tidak menguras kantong, untuk ukuran biaya hidup di Singapore adalah dengan makan di area Staff Canteen Changi International Airport. 

Ya hanya kalau kita tiba atau hendak berangkat dan mungkin cuma transit di Singapore. Kalau sengaja ke sana hanya untuk makan ya tekor di ongkos transport. :p


Staff Canteen Changi International Airport, turun tangga sebelah kiri, soalnya kanan itu naik tangga namanya.

Tempat makan di Staff Canteen ini walaupun tidak semegah di dalam bandara, tapi sangat bersih dan rapi seperti Food Court di mall-mall di kota besar di Indonesia kebanyakan. Piring dan berbagai perlengkapan makan pun dipisah antara makanan yang halal dan non-halal.

Jangan sekali-kali mengembalikan peralatan makanan non-halal ke tempat makanan dengan label halal, karena kita akan ditegur oleh pelayan di sana yang hampir semuanya sudah berumur (baca: lanjut usia). Jadi teman-teman yang beragama Islam dapat lebih tenang jika makan di sini.


CARA MENEMUKAN STAFF CANTEEN DI CHANGI INTERNATIONAL AIRPORT 

Staff Canteen ini terletak di lantai basement terminal 1 Changi International Airport.
Jika kita ingin melanjutkan penerbangan melalui bandara ini (naik bus atau taksi), sebelum masuk ke dalam area bandara yang sejuk (baca: ber-AC), berjalanlah ke arah kanan terminal sampai ke Arrival Hall / Arrival Meeting Point.
Perhatikan tanda dengan seksama, atau jikalau kesulitan menemukan tempat ini, tanya saja pegawai di bandara. 
Sebaiknya tanya saja petugas kebersihan atau security, karena mereka lebih friendly memberitahu kita tempat makan yang sudah menjadi rahasia umum. Jangan bertanya kepada CS bandara, karena pada dasarnya mereka seperti Brand Ambassador bandara, kalau semua penumpang makannya di Staff Canteen, restoran di dalam bisa bangkrut. :p



Jika kita menggunakan MRT, setelah keluar dari MRT, cari Skytrain untuk pindah ke Terminal 1, karena stasiun MRT ini terletak di terminal 2. Naik Skytrainnya gratis koq, alias PERCUMA kata Upin-Ipin. Setelah sampai di teminal 1, keluarlah dari ruangan ber-AC dan bejalanlah terus ke arah kiri.

Apabila kita baru tiba di Changi International Airport, kita harus keluar dari imigrasi dahulu. Ingat, keluarlah dari imigrasi di terminal 1 biar jalan tidak terlalu jauh dari ruangan non-AC. Terus bagaimana kalau kita sampainya di terminal 2 atau terminal 3? Ya pindah ke terminal 1 dulu donk, bisa jalan kaki atau naik Skytrain. :D

Selanjutnya kita akan menemukan tanda Staff Canteen berwarna biru. Turun tangga dan.... Jreeeennnngggg...!!! Finally, kita menemukannya, tempat makan murah meriah.

Tenang saja, tempat makan ini dilengkapi AC koq.

Tapi ingat, ini adalah Staff Canteen, alias kantin para pekerja di bandara. Jadi jangan protes saat tahu ada 2 label harga di sana. Harga untuk staf dan harga untuk umum. Jangan ngotot minta makan pakai harga staf, karena hal itu tidak memungkinkan jika kita tidak dapat menunjukkan staff name card.



Suasana Staff Canteen, Changi International Airport

Jadi sama mahal dengan di luar? Tentu Tidak !! Jika harga makanan untuk staf sekitar SGD 2.50, untuk umum sekitar SGD 3.00 - 3.50. 
Porsinya? Jauh lebih banyak dibanding porsi dalam bandara yang seharga SGD 10. Saya bersama istri makan 2 piring masing-masing nasi+tumis kacang panjang+fucuk (sejenis lauk dari olahan air tahu),dan nasi+kari ayam kentang+sayap ayam goreng madu hanya SGD 6 saja. 
Porsi jumbo. Enak. Kenyang. Senang!


Tips:
Untuk memperoleh voucher hotel senilai 130.000 IDR, silahkan download aplikasi HQ di sini, kemudian masukkan kode YLIMP pada menu redeem voucher pada aplikasi yang sudah diunduh tadi. Kode YLIMP hanya bisa digunakan jika download aplikasinya melalui link yang saya tautkan tadi.

No comments:

Do the Best

"Perbuatan baik kadang membutuhkan konsekuensi yang cukup besar. Jika Anda memutuskan untuk melakukannya, jangan pernah sesali hal itu di kemudian hari."