Perbandingan Hutang Piutang Prabowo, ARB, dan Jokowi


ARB, Prabowo, Jokowi
Perusahaan pengolahan kertas milik Prabowo Subianto, PT Kertas Nusantara (sebelumnya PT Kiani Kertas) dikabarkan memiliki hutang sebesar Rp14,31 triliun. Angka yang cukup fantastis, mengingat harta Prabowo "hanya" berkisar Rp1,6 triliun. (Sumber)

Sedangkan perusahaan ARB lebih mencengangkan. Lembaga analis independen, Kata Data mencatat utang 10 perusahaan terafiliasi dengan Bakrie Brothers hingga kuartal 1 2012 mencapai Rp 21,4 triliun, dengan utang jatuh tempo pada 2012 sebesar Rp 7,1 triliun. Adapun utang dalam dolar mencapai US$ 5,7 miliar dan jatuh tempo pada 2012 sebesar US$ 275 juta. (Sumber)

Jika dibandingkan dengan kekayaan ARB yang "hanya" Rp8,01 triliun, maka ARB tetap memiliki utang sebesar Rp13,39 triliun jika menjual semua hartanya.

Bagaimana jika dibandingkan dengan Jokowi? Ternyata harta Jokowi hanya secuil saja (Rp27,26 milyar), yaitu hanya 1,7% dari harta Prabowo dan hanya 0,34% dari harta ARB. Tapi catat, "harta" Prabowo dan ARB akan menjadi minus jika mereka dipaksakan membayar utang perusahaan mereka.

Sedangkan Jokowi tidak tercatat memiliki hutang kepada pihak lain, sehingga menurut saya, Jokowi tidak memiliki beban ambisi untuk melunasi hutang seperti capres yang lain.

Apa jadinya jika kita memilih pemimpin yang memiliki hutang segunung?
Pilihan memang di tangan kita masing-masing, tetapi sebagai pemilih, kita harus cerdas mencermati. Jika kita salah pilih, masa depan Indonesia taruhannya.

21 comments:

Anonymous said...

Yahhhhh.. Menurut saya informasinya kurang berbobot!!! Kalau bidang usaha kan, perputaran uangnya tidak statis melainkan dinamis,. Ini hanya menimbulkan paradigma 1 kubu. Sedangkan informasi seharusnya tidak seperti ini.. Nice try.. Belajar lagi ya.

Anonymous said...

hutang prabowo sudah lama diselesaikan kali.. lagian prabowo hanya memiliki sbagian kecil saham.

TheOnnay said...

Thx buat koreksinya, tapi dari info yang saya dapatkan, perusahaan Pak Prabowo hanya meminta keringan membayar utang dengan cicilan selama 15 tahun.

Hekky Ginting said...

Jelas aja yang penting ada utang...
Mang btul mungkin setiap manusia itu ada utang,,Tpi kalau di analisa kita liat pada calon presiden antara prabowo n ARB mereka terlau berambisi terhadap perushaan nya agar cepat kaya itu pasti btul,,,
apakah nanti kalau mereka jadi presiden mereka akan menutupi utang2 mereka dengan uang rakyat,,Itu pasti jelas,,,Sapa sih yang mau punya utang berlarut2,,,
law agan2 mungkin pasti tak ingin pnya utang berlarut2 kan....
Pilih lah presiden yang btul2 mengerti Rakyat!!!
Dari segi sisi arb/prabowo mereka telah membuat jelek image mereka sndiri dgan ada nya utang mereka,,
Mungkin yang kita tau cuma ini utang2 mreka,,,tpi yang blum kita mngkin msh ada utang mereka di perusahaan lain

Miyu said...

Bagaimana bisa kita membuat negara bebas hutang jika pemimpinnya saja doyannya ngutang?

Anonymous said...

Bagaimana bisa negara bebas hutang jika pemimpinnya saja doyannya ngutang?

Anonymous said...

Lol,
Hutang perusahaan adalah hutang perusahaan aset perusahaan juga asset perusahaan...jangan digabungkan dengan perorangan... perusahaan-perusahaan itu khan PT. Artinya limited by shares. Kalau perusahaan punya hutang segitu besar, berarti assetnya juga lebih besar dari itu. Kalau tidak, perusahaan itu pailit/bangkrut... Ini basic accounting... shareholder tidak bisa 'dipaksa' bayar hutang perusahaan.

Anonymous said...

Hahah so funny. Lembaga apa? Terdaftar sebagai LSM resmi ga? Datanya shahih ga? Yowess selama belum ada penjelasan datanya resmi darimana, daku belum mau percaya :D

Anonymous said...

Terimaksih infonya Bro yg pasti saya mesti banting stir....

Anonymous said...

LUCU JUGA BACA KOMEN ORANG2 YANG KENA PANCING BLACK CAMPAIGN. PADA DIJANJIIN APA LO??

Unknown said...

Jokowi memang ga ada hutang, tapi dia kalo jadi president cuma jadi boneka bagi antek2 nya. Jadi menurut saya mendingan 1 korupsi dibanding 1 partai haha

Unknown said...

aduh...gak mungkinlah jokowi gak punya utang...wong dia juga punya usaha...siapapun yang punya usaha gak mungkin gak ngutang...bilang aja mau bagusin JOKOWI...hah...

ShinZ†114 said...

klo saya sh liat dari sikap aja
prabowo ga tau
ARB dilihat dari kasus lapindo yang ga selesai2 mlh jadi bencana nasional... gila aja... setau saya di monaco pernah kejadian spt lapindo... lumpurnya berhenti setelah 20 taun dan kerugiannya ditanggung perusahaan tambangnya... lha ini???
jokowi sebelum terpilih jd gubernur, perusahaan meubelnya kebakaran... tapi apa yg dilakukan? saya lihat kok dia bisa membedakan mana urusan pribadi, mana urusan politik... malah kasus ini cenderung ditanggung sendiri bkn jadi bencana nasional :v

Unknown said...

Hidup PERSIB . .

Unknown said...

Hidup PERSIB .
Jokowi Radja Negeri ku .

Unknown said...

Hidup PERSIB.
Jokowi Radja Negeri ku.

Unknown said...

jangan sampek negara ini di warisi utang

Unknown said...

bro jangan cuman ngorek2 masalah demi kepentingan politik aja hal pribadi jg di bawa2 mereka ngutang karna perusahaan bkn pribadi wajar dong prusahaan punya utang negara aja punya utang apalagi perusahaan.yang cerdas dong kalo mau jatuhin lawan politik
ga mutu banget

Unknown said...

Klu sy ikut kata hati sy saya ttp akn pilih pak jokowi krn sy lihat jokowi lebih paham teori dan praktek.coba lht bgtu sbrnya jokowi mghdp cobaan yg brtubi dgn fiknah selimut hitam diluar sana .fiknah tu yg pertama diblg dia kristen dan org singapure dan byk lg fiknah lainya mgenai pak jokowi tapi pak jokowi ttp sabar.
Pak jokowi saya percaya bpk bs jd persiden Ri yang bijak.arif lg bijaksana.
Saya DUKUNG Bpk 100% karena saya dukung cr prinsif kepemimpinan bpk dgn dua kartu
1. Kartu indonesia pintar
2.kartu indonesia sehat
Krn tampa pintar dan sehat indonesia g kn pernah maju.
Tp pesan saya sbgai warga indonesia kalau sudah diberikan Allah SwT bpk kepercayaan jd persiden.tlg jgn lupakan org yg dibawa seperti kami karen dunia pasti berputar bs hari ini kt diatas bisa bsk kt dibapak.dan ign apapun yang terjadi dimasa depan tu dalah hadiah yg terindah allah berikan u kt.baik banyak cobaan karen allah sayang sama ni krn allah tau kt sbgai
hambanya adalah seorg yg penuh kesabaran menghadap ujian darinya.bgtu jg bila kt mendapan kesenangan jgn pernh kt lupa u bersukur kpda allah.tampa izin Allah swt kt g da pa panya.
100% sy dukung pak jokowi

Unknown said...

Saya dukung pak jokowi.
1.indonesia sehat
2.indonesia pintar
Krn tmpa kesehatan & kepintaran indonesia tak kn pernah maju
Ett....tp ign walau bgtu tawakal a'llah adalah yang no utama
Krn baik buruk agama & negara tergantu pada kt sendiri
Hidup Indonesia Pintar& Hidup indonesia sehat
Pak jokowi saya100% dukung bpk walau byk fiknah mgennai bpk saya percaya bpk bs sabar dan wakal.

Anonymous said...

Banyak pihak yang marah kepada saya karena ada dalam tulisan saya menyebut Prabowo punya hutang Rp.14,31 T.Menurut mereka hutang itu sudah lunas.Dasarnya adalah berita dari Republika. Menurut saya itu karena mereka orang awam yang tidak bisa membaca berita dengan benar. Dalam berita tersebut disebutkan sebagai berikut “Namun pada bulan November 2011, semua masalah pembayaran utang sudah diselesaikan di Pengadilan Niaga dengan restrukturisasi utang.” Dalam berita itu ada istilah Restrukturisasi utang. Apa yang dimaksud dengan restruktur utang? Itu artinya hutang belum dilunasi tapi diberi keringanan oleh pengadilan agar Prabowo bisa membayarnya. Keringanan ini bisa dari segi waktu pembayaran bisa juga keringanan bunga atau yang biasa disebut dengan skema moratoriun. Seorang teman periset disuatu lembaga keuangan mengatakan kepada saya bahwa yang jadi masalah adalah bagaimana seorang dengan hutang begitu besarnya menyatakan sanggup menjadi Capres. Niatnya perlu dipertanyakan. Dan hebatnya lagi dia punya jargon akan menempatkan kehormatan bangsa dimata international. Bagaimana bisa terhormat kalau hidup sendiri saja terjerat hutang. Bagaimana bisa Independen kalau hidup terjebak RIBA. Jatuhnya kehormatan bangsa ini dengan kalahnya dalam setiap perundingan international karena negara ini terjerak hutang yang tak mungkin bisa dibayar. Setiap tahun utang terus bertambah dan bertambah. Program ekonomi yang dibuat Garindra tidak sama sekali realistis.Itu seperti dibuat oleh orang yang tak mengerti ekonomi makro. Apalagi semangat revolusioner untuk mengatasi masalah terhapuskan ketika menggandeng Hatta Rajasa sebagai Cawapres. Selanjutnya program Garindra dan koalisi seiring sejalan dengan program Partai Demokrat. Artinya tidak ada yang baru seperti awal awal Prabowo mencalonkan diri sebagai Presiden. Demikian kata teman saya.

Do the Best

"Perbuatan baik kadang membutuhkan konsekuensi yang cukup besar. Jika Anda memutuskan untuk melakukannya, jangan pernah sesali hal itu di kemudian hari."