Welcome to Hanoi

Day 10 : 9 Oktober 2015

Kurang dari jam 8 pagi, bus kami tiba di kantor Sinh Tourist Hanoi. Dari sana, kami berjalan kaki mencari Green Street Hotel yang sudah kami booked sehari sebelumnya via HQ, harga tentu lebih murah karena voucher diskonnya. Sengaja kami cari yang tidak terlalu jauh dari kantor Sinh Tourist Hanoi, dan beruntungnya juga terletak di kawasan backpackers yang ramai.


Green Street Hotel, 21 Ma May, Hang Buom

Fasilitas GPS dari Google Maps cukup memudahkan kami menemukan hotel yang sudah kami booked, walaupun tanpa koneksi internet. Hanya saja, sebelumnya kami sudah meloading area tersebut pada map saat ada koneksi internet di hotel sebelumnya, jadi kita tinggal mengikuti dot biru di map.


Green Street Hotel, 21 Ma May, Hang Buom
Green Street Hotel terletak di 21 Ma May, Hang Buom, Hoan Kiem Distrik yang sangat ramai, salah satu walking street di Hanoi, di mana semua mobil dan motor dilarang masuk saat sore menjelang malam. Jalanan di sana memang agak sempit, sehingga terkesan crowded. Gerimis mengiringi check in kami di hotel, tapi berhubung masih pagi, kamar kami masih belum siap, jadi kami di antar ke dormitory untuk meletakkan barang kami dan mandi.

Hujan yang semakin deras mengurungkan niat kami untuk keluar, hingga pukul 12.00 saat kamar kami sudah siap, dan kami diantar ke sana. Sampai di kamar, kami hanya beristirahat, sementara teman saya keluar sendiri dan mencari May, turis asal China yang kami kenal di bus sewaktu perjalanan dari Hue ke Hanoi tadi malam.




Setelah hujan agak reda sekitar jam 3 sore, kami keluar dengan niat berjalan ke Ho Chi Minh Mausoleum yang berjarak sekitar 2,7 km dari hotel. Tapi kami diberitahukan oleh pihak hotel, bahwa tempat tersebut tutup dikarenakan jasad Bapak Vietnam, Ho Chi Minh sedang diperbaiki di Rusia. Terdengar cukup aneh, baru kali ini saya mendengar reparasi mayat. Sebenarnya banyak tempat yang bisa di kunjungi di dekat Mausoleum, seperti One Pillar Pagoda, Ho Chi Minh Museum, dan Temple of Literature. Tapi berhubung hari semakin sore, kami putuskan setelah pulang dari Ha Long Bay saya baru kami ke sana.

Dan ternyata rencana kami mengunjungi Ho Chi Minh Mausoleum tidak berjalan lancar, mengingat akhirnya kejadian cuaca buruk membuat kami stay lebih lama di Ha Long City (baca: Day 11). Dalam hati, saya bilang kepada diri sendiri, saya harus kembali ke Hanoi. Tidak tahu kapan, tapi saya akan merencanakan kembali ke Hanoi.


Ngoc Son Temple di tengah Hoan Kiem Lake
Jadi sepanjang sisa hari ini kami hanya berjalan mengelilingi  Hoan Kiem Lake. Danau yang indah, dengan jembatan merah yang menghubungkan Ngoc Son Temple di utara danau, dan sebuah pulau kecil di selatan danau dengan hanya sebuah bangunan kuno yang dikenal dengan Thap Rua atau Turtle Tower. Untuk masuk ke Ngoc Son Temple dikenakan tiket masuk sebesar 30.000 VND untuk umum dan 15.000 VND untuk pelajar.


Hoan Kiem Lake dengan latar Thap Rua (Turtle Tower)
Haon Kiem Lake waktu malam dengan latar jembatan ke Ngoc Son Temple
Di pinggiran danau ada stand electric car yang disewakan buat wisatawan, hanya sayangnya mereka menyewakan per mobil, tidak per orang. Satu mobil bisa untuk 7-8 orang. Dengan waktu 35 menit tanpa berhenti, atau 1 jam dengan kisaran harga 200.000-300.00 VND atau 300.000-400.000 VND, saya agak lupa, soalnya tidak terlalu berminat karena kami hanya berdua.


GR Ichikashi Brass Band di Vuon Hoa Ly Thai To
Malamnya kami cukup terhibur menikmati Ichikashi Brass Band di Vuon Hoa Ly Thai To (Taman Ly Thai To) yang terletak di seberang jalan sebelah timur Hoan Kiem Lake. Padahal sebelumnya kami berniat menonton Thang Long Puppet Show. Tapi berhubung pertunjukan ini gratis dalam rangka memperingati 61 tahun năm Ngày giải phóng Thủ đô yang tidak setiap hari ada, acara puppet show kami oper ke lain hari setelah pulang dari Ha Long Bay.

Setelah menonton Ichikashi Brass Band di Taman Ly Thai To, kami berkeliling di beberapa agen travel mencari paket  Ha Long Bay untuk keberangkatan besok. Kami dapat paket Ha Long Bay 2D 1N Tour di Ocean Sun Tour seharga 75 USD/pax. Lumayan murah dibanding tempat lain. Di Mr.Linh's Adventure seharga 80 USD, cruise yang sama, yaitu Ha Long Dugong Sail. Sedangkan di Premier Travel kami ditawari 95 USD/pax dengan cruise yang berbeda. Rute dan acara serta jadwal makannya sama.

Menurut penuturan HIEN, pemilik sekaligus pengelola Ocean Sun Tour, memilih paket tour ke Ha Long Bay harus ekstra hati-hati. Ada harga yang murah sekitar 39 USD, tapi banyak kekurangannya, seperti tidak termasuk antar jemput dari dan ke Ha Long, makanan yang ala kadarnya, serta tujuan-tujuan yang dikurangi.



Harga paket juga tergantung cruise/boat yang dipakai. Ada yang bintang 1, 1 setengah, 2, 3 dan seterusnya. Minimal untuk 2D 1N Ha Long Bay Tour kita harus ambil yang bintang 2 dan yang di atasnya. Karena di bawah itu tempat tour banyak yang tidak didatangi, rute cruise/boat lebih pendek dari yang semestinya, dan juga pelayanan on board yang tidak memuaskan.



Tempat wisata di Hanoi :

1. Ho Chi Minh Mausoleum, termasuk di dalamnya Ho Chi Minh Museum dan One Pillar Pagoda.

2. Temple of Literature, sekitar 1 km selatan HCM Mausoleum.

3. Hoan Kiem Lake, danau di tengah kota yang sangat ramai dikunjungi. Termasuk Ngoc Son Temple dan Turtle Tower di tengah danau.

3. West Lake, yang merupakan danau terbesar di Hanoi, termasuk di sana ada chua Tran Quoc (Tran Quoc Pagoda) dan Den Quan Thanh (Quan Thanh Temple)

4. Hanoi Opera House yang terletak tidak jauh dari sebelah tenggara Hoan Kiem Lake, di dekatnya ada 2 museum (no.8 & 9)

5. St. Joseph Cathedral yang terletak di sebelah barat Hoan Kiem Lake.

6. Vietnam Military History Museum, terletak di tenggara Ho Chi Minh Mausoleum

7. Vietnam Museum of Ethnology, terletak sekitar 4,5 km sebelah barat Ho Chi Minh Mausoleum

8. Museum Of Vietnamese Revolution, 216 Trần Quang Khải, Tràng Tiền, Hoàn Kiếm

9. National Museum of Vietnamese History, hanya berjarak 190 meter dari Museum of Vietnamese Revolution dan dekat Hanoi Opera House

10. Keangnam Hanoi Landmark Tower, berjarak sekitar 8,5 km dari Hoan Kiem Lake, merupakan gedung tertinggi di Hanoi dengan biaya masuk 180.000VND



Tips:
Untuk memperoleh voucher hotel 200.000 VND, silahkan download aplikasi HQ di sini, kemudian masukkan kode YLIMP pada menu redeem voucher pada aplikasi yang sudah diunduh tadi. Kode YLIMP hanya bisa digunakan jika download aplikasinya di link yang saya tautkan di atas.


<<< Prev : Day 9                  Next >>> Day 11 : Hanoi menuju Ha Long City




No comments:

Do the Best

"Perbuatan baik kadang membutuhkan konsekuensi yang cukup besar. Jika Anda memutuskan untuk melakukannya, jangan pernah sesali hal itu di kemudian hari."