Dari Hong Kong ke Luohu, Shenzhen

Jumat, 21 Februari 2014

12:00 - 14:00

Hari ini kami sengaja bangun agak siang, karena mau persiapan menuju Luohu/Lo Wu, Shenzhen, Guangdong Province. 
Perjalanan dari Hong Kong sebenarnya tidaklah terlalu jauh, tapi yang namanya belum pernah masuk perbatasan China, tetap saja hati ini kuatir tidak mendapat izin masuk karena kami belum apply visa China. Walaupun dari informasi teman-teman di grup LM masuk Shenzhen bisa langsung meminta Visa saat kedatangan (Visa on Arrival) di imigrasi Luohu, tetap saja saya was-was karena ada kabar diwaktu tertentu, kantor VoA tidak buka.

Mau tidak mau, saya nekat berangkat ke Luohu, perbatasan antara Mainland China dengan Hong Kong. Karena memang sudah berencana akan ke Window of The World dan Splendid China & China Folk Culture Villages di Shenzhen.





Setelah beres-beres, kami check-out dari HK Jiang Xi Guest House di daerah Mongkok. Dengan menggunakan MTR stasiun Mongkok kami naik MTR Kwun Tong Line arah Tiu Keng Leng, dan ganti East Rail Line di stasiun MTR Kowloon Tong. Di stasiun MTR Kowloon Tong ini ada dua jenis kereta, yang satu menuju Lok Ma Chau (Futian Port) dan satu lagi yang ke Luohu/Lo Wu.

Sekitar 1 jam, kami tiba di Luohu. Segera kami menuju ke tempat pengurusan VoA di lantai atas. Puji Tuhan, ternyata buka dan kami segera mengisi form apply. VoA hanya berlaku selama 5 hari di Guangdong Province. Biaya sebesar 168 CNY untuk warga Indonesia. Untuk biaya VoA silahkan perhatikan tabel harga di bawah ini.

Biaya apply VoA di Luohu Port
Setelah dapat VoA, segera kami menuju imigrasi. dan sampailah kami di Luohu, Shenzhen.
Luohu Port, Shenzhen

Transportasi di Shenzhen hampir sama bagusnya dengan Hong Kong. Transportasi publik tersedia di semua tempat, mulai dari perbatasan Luohu di tenggara, sampai ke Shenzhen Bao'an International Airport di barat laut. Kereta cepat di sini namanya Shenzhen Metro System atau biasa dikenal dengan nama Metro saja.

Metro Shenzhen menghubungi banyak sekali tempat di Shenzhen, termasuk 2 tempat wisata yang akan saya kunjungi nanti.

Simak terus cerita saya di postingan selanjutnya, klik: Welcome to Shenzhen 
Ciaooo...Menampilkan Smiley Pada Postingan

No comments:

Do the Best

"Perbuatan baik kadang membutuhkan konsekuensi yang cukup besar. Jika Anda memutuskan untuk melakukannya, jangan pernah sesali hal itu di kemudian hari."