Sehari di Western Monastery, Tsuen Wan, Hong Kong

Kamis, 20 Februari 2014

Pagi ini saya sudah janji sama Khiu Amew, untuk berkunjung ke rumah Thai Khiu, paman yang paling tua di daerah Tsuen Wan. Sekitar pukul 09:00, Khiu Amew  dan istrinya menyambangi guest house tempat saya menginap di daerah Mongkok.

Dari Mongkok, kami naik MTR di stasius Mongkok yang tidak jauh dari penginapan. Perjalanan ke Tsuen Wan  tidak perlu berganti kereta, karena kami langsung naik MTR Tsuen Wan Line, yang perhentian terakhirnya memang di stasiun MTR Tsuen Wan.
Dari stasiun MTR Tsuen Wan ke tempat Thai Khiu tidak terlalu jauh, tapi kami naik taksi karena jalanan agak menanjak. Argo awal taksi menunjukkan 20HKD dan tidak berubah sampai kami tiba di restoran tempat kami akan sarapan.

Kami tiba di restoran tersebut duluan, tidak lama kemudian Thai Khiu beserta istrinya tiba. Setelah memesan cukup banyak, kamipun makan. Hidangannya kebanyakan dim sum yang disediakan satu per satu, serasa  fine dining Menampilkan Smiley Pada Postingan
Sarapan di salah satu restoran di Tsuen Wan

Setelah makan pagi (343HKD), kami berjalan ke rumah Thai Khiu, disepanjang jalan yang menanjak, ada hal menarik yang saya lihat, yaitu ada kaca tebal di pinggir jalan raya, yang dimaksudkan agar kendaraan yang melaju kencang, suaranya tidak terlalu menimbulkan kebisingan di sekitar daerah tersebut yang dipenuhi dengan flat-flat padat penduduk.

Dari rumah ThaiKhiu, kami terus berjalan menanjak ke atas, di sana ada sebuah kuil kecil dengan pemandangan air terjun nan indah.

Selanjutnya tujuan utama kami hari ini adalah Western Monastery di puncak bukit di Lo Wai Village. Untuk kalian yang berencana ke sana, bisa naik MTR ke stasiun Tsuen Wan, exit B1 dilanjutkan naik minibus 81 arah Lo Lo Wei atau bisa langsung menggunakan taksi.
Western Monastery di Tsuen Wan

Pat Sien Ko Hoi, Western Monastery
Pemandangan dari sini sangat menakjubkan, menurut saya keindahan tempatnya sendiri mengalahkan Po Lin Monastery di Pulau Lantau.

Pagoda di Western Monastery, Tsuen Wan

Gerbang Utama Western Monastery, Tsuen Wan

Gerbang Utama Western Monastery

Di dekat sana ada juga The Yuen Yuen Institute yang didirikan pada tahun 1950 untuk menyebarkan prinsip-prinsip Konfusianisme, Buddhisme, dan Taoisme.
The Yuen Yuen Institute
Kembalinya ke rumah Thai Khiu, dilanjutkan acara klasik, foto bersama Menampilkan Smiley Pada Postingan
Kiri ke kanan : Khiu Amew, Khiume, saya, Anak Thaikhiu, Thai Khiu, Thai Khiume

Besok saya akan berangkat ke Louhu, Shenzhen. Sampai jumpa.