Tradisi Pecah Kendi Sambut Pesawat Kepresidenan RI di Halim

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews

Jakarta - Lama dinanti dan bikin penasaran seperti apa rupanya, akhirnya Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia tiba di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur. Pesawat Boeing Bussines Jet (BBJ)-2 berlogo Garuda ini langsung disambut tradisi khas pecah kendi.

Indonesian Air Force One
Pantauan detikcom di Halim, Kamis (10/4/2014) pesawat itu mendarat sekitar pukul 10.30 WIB. Pesawat kemudian berjalan pelan di landasan dan berputar balik menuju tenda undangan.

Sejumlah petugas pemadam kebakaran kemudian menyemprotkan air ke pesawat. Efek pelangi muncul di sekitar badan pesawat. Matahari memang bersinar terik siang ini di Halim.

Akhirnya, pesawat berhenti dan parkir di depan mimbar undangan. Tak lama, Mensesneg Sudi Silalahi menyambut pesawat itu dengan memecahkan kendi di roda depan. Tepuk tangan pun membahana dari sejumlah undangan antara lain Menko Kesra Agung Laksono, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Menhub EE Mangindaan, dan Kapolri Jenderal Pol Sutarman.





Setelah itu pilot dan co pilot yang menerbangkan pesawat juga disalami Sudi, yang kemudian diajak menengok ruang dalam pesawat. Sekitar 5 menit melihat, Sudi dan sejumlah tamu undangan turun kembali. Mereka kemudian berputar di sekitar pesawat melihat kondisi pesawat spesial itu.

Pesawat ini memiliki dua tenaga jet dan dilengkapi dengan wing air. Teknologi wing air ini menurut seorang penerbang merupakan teknologi baru yang membuat pesawat lebih cepat dan hemat bahan bakar.

Selamat datang Indonesian Air Force One.


Sumber

No comments:

Do the Best

"Perbuatan baik kadang membutuhkan konsekuensi yang cukup besar. Jika Anda memutuskan untuk melakukannya, jangan pernah sesali hal itu di kemudian hari."