Pengumuman Cawapres Versi Jokowi




Sumber Foto : maslondo.blogdetik.com

JAKARTA - Bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Joko Widodo, membantah bahwa partainya akan mendeklarasikan Wakil Presiden RI 2004-2009 Jusuf Kalla sebagai calon wakil presiden pada Minggu (20/4/2014) sore ini. Ia mengatakan, partainya sama sekali belum menentukan siapa yang akan menjadi cawapres untuk mendampinginya.
Sore ini, relawan Jokowi-JK (Jokojek) akan mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan Jokowi-Jusuf Kalla. Deklarasi itu menandai pembentukan relawan pendukung Jokowi-JK, bukan deklarasi pengumuman bakal cawapres Jokowi.
"Enggak ada, belum ada itu (deklarasi). Memang namanya (cawapres) sudah mengerucut, tapi belum diputuskan," kata Jokowi di Taman Suropati 7, Jakarta, Minggu (20/4/2014).



Jokowi enggan menyebutkan nama-nama potensial yang akan mendampinginya dalam Pilpres 2014. Ia akan menyebutkannya secara bertahap, mulai dari lima calon, tiga calon, hingga keputusan bakal cawapres yang mendampinginya. Meski demikian, namanya belum mengerucut hingga tiga calon. "Pengumumannya bisa saja sehari lagi, seminggu, atau dua minggu lagi," kata Jokowi.
Jokowi mengatakan, ia dan tim serta kader PDI-P akan bersama-sama berkomunikasi untuk menentukan bakal cawapres. Partai tersebut juga akan berkoordinasi dengan Partai Nasdem, yang telah menyatakan mendukung pencalonan Jokowi sebagai presiden.
"Kita terbuka untuk bekerja sama dengan siapa pun. Tapi, yang pasti belum (diputuskan) cawapresnya," kata Jokowi.
Sebelumnya, Sekjen DPP PDI-P Tjahjo Kumolo mengatakan akan selektif menentukan cawapres yang akan berpasangan dengan Jokowi. Kriteria pertama adalah sosok yang memiliki komitmen menjadi wapres selama 5 tahun dan mampu memosisikan diri tidak melampaui kewenangan presidennya. Bakal cawapres juga harus mampu memperkuat sistem presidensial, memiliki program pro-rakyat dan bersungguh-sungguh mengimplementasikan pesan Trisakti dari Bung Karno.
Sumber: Kompas
Penulis: Kurnia Sari Aziza
Editor: Laksono Hari Wiwoho

No comments:

Do the Best

"Perbuatan baik kadang membutuhkan konsekuensi yang cukup besar. Jika Anda memutuskan untuk melakukannya, jangan pernah sesali hal itu di kemudian hari."