Mengunjungi Museum di Hong Kong



Rabu, 25 Februari 2014

Hong Kong Space Museum

Hari ini, planning saya cukup santai. Makanya kami jam 11 lewat baru mulai keluar dari hostel. Tinggal menyeberang jalan, dan masuk ke stasiun MTR Tsim Sha Tsui. Tidak perlu naik MTR, karena hanya perlu keluar dari Exit J.
Museum di Hong Kong cukup banyak, dengan harga tiket berkisar 10-25HKD, dan gratis tiket masuk setiap Rabu. Tentu saja kami akan menikmati dengan gratis, karena rabu ini memang sudah kami rencanakan untuk mengunjungi museum.
Dua museum terdekat adalah Hong Kong Space Museum dan Hong Kong Museum of Art. Kedua museum ini terletak di seberang Salisbury Road.

Hong Kong Space Museum (香港 太空 馆) adalah sebuah museum astronomi dan ilmu ruang angkasa di Tsim Sha Tsui. Tempat ini dikelola oleh Leisure and Cultural Services Department Pemerintah Hong Kong. 

Cukup mudah untuk menemukan museum ini mengingat bangunannya yang besar dan berbentuk kubah besar. 
Banyak wahana yang bisa dicobai secara gratis, hanya saja waktu antrinya lumayan lama. Semua wahana layak untuk dicoba, untuk memuaskan rasa penasaran tentunya.
Tidak ada ruginya kita masuk dan menikmati wahana-wahana dalam museum ini, bahkan bagi yang tidak menyukai pelajaran fisika maupun astronomi, karena semuanya dikemas dengan menarik.


Ada juga simulasi untuk merasakan berjalan di bulan, dimana gravitasi bulan hanya 1/6 gravitasi bumi. Dengan alat hidrolik khusus yang dipasangkan dengan penyangga tubuh, kita akan merasakan sensai berjalan di bulan. Tempatnya didesain menyerupai permukaan bulan.















Sedangkan The Virtual Glider adalah wahana permainan virtual pesawat/kapal layang tanpa mesin, yang menggunakan tekanan udara dan angin untuk naik atau turun.

The Virtual Glider








Ada juga replika pesawat antariksa yang bisa kita masuki dan melihat-lihat kokpit pesawat tersebut.
Model pakaian astronot, replika alien alias makhluk luar angkasa juga bisa kita lihat di sini.










Hong Kong Museum of Art

Museum selanjutnya yang akan kita kunjungi adalah museum seni Hong Kong, letaknya tak jauh dari Hong Kong Space Museum.
The Hong Kong Museum of Art (香港 艺术馆) adalah museum seni utama Hong Kong. Museum ini didirikan sebagai Museum Balai Kota dan Galeri Seni di Balaikota di Central oleh Dewan Kota pada tahun 1962. Pada tahun 1991, dipindahkan ke lokasi sekarang ini di Salisbury Road, dekat Pusat Kebudayaan Hong Kong dan Hong Kong Space Museum, di Tsim Sha Tsui, yang dikelola oleh Leisure and Cultural Services Department Pemerintah Hong Kong.
Hong Kong Museum of Art
 


Museum ini dibagi menjadi beberapa bagian yang terdiri dari lukisan, kaligrafi, patung, bahkan fotografi. Dari zaman klasik berumur 3000 tahun yang lalu sampai karya-karya kontemporer masa kini.
Dan seperti museum seni pada umumnya, saya tidak diizinkan mengambil gambar di dalam.


Setelah puas berkeliling museum, rencana kami selanjutnya adalah ke Hong Kong Museum of History dan Hong Kong Science Museum yang terletak di Chatham Road South. Hari mulai sore, kami memutuskan mencari makan dulu. Maklum, dari pagi belum makan apa-apa kecuali buah apel untuk mengganjal perut sementara.
Gara-gara ini pula kami kesorean, mengingat museum tutup jam 5 sore, akhirnya kami batal ke sana, dan lanjut ke Kowloon Park yang terletak di Nathan Road, dan Night Market di Temple Street.

Tarik mang, lanjut...


Tips:
Untuk memperoleh voucher hotel 130.000 IDR, silahkan download aplikasi HQ di sini, kemudian masukkan kode YLIMP pada menu redeem voucher pada aplikasi yang sudah diunduh tadi. Kode YLIMP hanya bisa digunakan jika download aplikasinya melalui link yang saya tautkan tadi.


No comments:

Do the Best

"Perbuatan baik kadang membutuhkan konsekuensi yang cukup besar. Jika Anda memutuskan untuk melakukannya, jangan pernah sesali hal itu di kemudian hari."