Wisata di Lantau Island Hong Kong

Kamis, 27 Februari 2014

Hari ini kami agak pagi turun dari Angel Guesthouse, tempat kami menginap di Chungking Mansion. Rencana kami hari ini adalah menjelajahi pulau Lantau.
Lantau Island (大屿山), atau dikenal sebagai Lantau Peak ( 烂头 / 爛頭 ) adalah pulau terbesar di Hong Kong, yang terletak di muara Pearl River

Awalnya pulau ini merupakan desa-desa nelayan yang dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir dengan pembangunan Tung Chung New Town dan penyelesaian beberapa proyek infrastruktur, diantaranya Lantau Link (1997), Bandar Udara Internasional Hong Kong (1998), Hong Kong Disneyland (2005) dan Ngong Ping 360 (2006), yaitu cable car sepanjang 5,7 km yang menghubungkan Tung Chung dengan desa budaya setempat yang terkenal dengan Tian Tan Buddha (Giant Buddha).

Hong Kong Disneyland Resort
Dari stasiun MTR Tsim Sha Tsui kami menuju stasiun Lai King kemudian pindah ke Tung Chung Line yang menuju Tung Chung. Hari masih pagi, jadi kami berhenti di stasiun Sunny Bay di Yam O dan ganti Disneyland Resort Line (yang merupakan jaringan kereta milik Disney sendiri) menuju Hong Kong Disneyland.
Hong Kong Disneyland

Disneyland Resort ini dibuka pada tanggal 12 September 2005 dan memiliki luas 310 hektar.
Di sinilah kita akan disuguhkan dengan aneka maskot karya Walt Disney yang terbagi menjadi beberapa tema seperti Toy Story Land, Adventure Land, Tomorrow Land, Fantasy Land, dan lain sebagainya.

Harga masuk:

Dewasa (13-64thn) HK$585
Anak-anak (3-12thn) HK$415
Lansia (65thn keatas) HK$170

Setelah puas melihat-lihat, kami berangkat ke Tung Chung, masih menggunakan transportasi yang sama, yaitu dari Disneyland naik Disneyland Resort Line ke stasiun MTR Sunny Bay di Yam O. Dari Sunny Bay kemudian pindah kereta menuju Tung Chung.
Dari sini ada dua pilihan kendaraan untuk menuju Ngong Ping Village, yaitu menggunakan bus nomor 23 dan Ngong Ping 360 cable car.
Harga tiket cable car standard cabin  adalah HK$150, dan Crystal cabin HK$235. Berlaku round trip atau pergi pulang, alias bolak balik TungChung-NgongPing. Sedangkan yang single trip seharga HK$105 untuk standard cabin, dan HK$165 untuk crystal cabin.
Harga tiket cable car dan paket NgongPing tour dapat lihat di spoiler di bawah ini.
Harga tiket dan Paket NgongPing Tour

Standard Cabin$105$53$74
Crystal Cabin$165$113$134

360 Sky-Land-Sea Day Pass
Prince includes round trip cable car ride, unlimited NLB bus rides and Tai O boat excursion. (With a complimentary admission ticket of village attraction “Walking with Buddha” or a Ngong Ping 360 Souvenir Shop HK$20 voucher)
Standard Round Trip Cable Car$225$145-
Crystal Cabin Round Trip Cable Car$310$230-
1+1 Standard & Crystal Round Trip Cable Car$285$205-

360 Holidays Guided Tour – The Culture & Heritage Tour of Lantau
360 Holidays Guided Tour -
The Culture and Heritage Tour of Lantau
Standard Cabin
Includes: Ngong Ping Village, Po Lin Monastery, Big Buddha, Tai O Fishing Village with boat excursion, Ngong Ping Plazza
$360$300-
Crystal Cabin
Includes: Ngong Ping Village, Po Lin Monastery, Big Buddha, Tai O Fishing Village with boat excursion, Ngong Ping Piazza
$438$378-

Ngong Ping 360 Private Cabin Service
Includes: Round-trip cable car ride in a private cabin (standard / crystal cabin), fast lane for ticket purchase, priority boarding and free admission to Ngong Ping Village's Walking with Buddha attractions.
Standard Cabin$3,300 (per cabin)
Crystal Cabin$4,100 (per cabin)

360 Sky-Land-Sea Day Pass
360 Annual Pass
Unlimited cable car rides for 365 days (Standard Cabin), Upgrade to round trip Crystal Cabin and “360 Sky-Land-Sea Day Pass” at a special rate, Special Discounts at Ngong Ping 360 souvenir ships and selected tenants in Ngong Ping Themed Village
Individual$450--
Group of Four Purchase$1,620--

Prices are shown in Hong Kong dollars (HK$).

Terms & Conditions

Infants aged between 0-2 years inclusive are free of charge.
*Children under 11 must be accompanied by an adult aged of 15 or above.
Senior fares are applicable to Local Hong Kong residents aged 65 or above.
Please present Hong Kong ID card or Hong Kong Senior Card upon ticket redemption.

Untuk menghemat biaya, kami memutuskan naik bus saja. Stasiun bus berada tidak jauh dari stasiun MTR TungChung, sedangkan stasiun cable car  berada di seberang jalan.
Ada pilihan bus sekali jalan (harga tergantung rute), dan tiket terusan seharga HK$35 yang dapat digunakan sepuasnya pada hari yang sama di hampir semua rute bus di pulau Lantau.
Jika mempunyai cukup waktu, saya sarankan membeli tiket terusan, karena selain NgongPing Village, kita bisa mengunjungi Tai O, Pui O, Mui Wo, Cheung Sha Beach, dan lain-lain.
Untuk rute bus dapat dilihat di sini.

Tiket terusan NLB
Dari TungChung, kami naik bus no.23 ke NgongPing Village. Perjalanan kurang lebih 50 menit melewati jalan menanjak yang berkelok-kelok tajam. Mata kita akan dipuaskan pemandangan yang sangat indah. Harga tiket TungChung-NgongPing sekali jalan adalah HK$17.
Ngong Ping Village

Bus Terminus NgongPing Village berada persis di depan NgongPing Village. Dari sana kita sudah dapat melihat Tian Tan Buddha (Giant Buddha) dari kejauhan, karena patung perunggu setinggi 26 meter ini terletak di puncak tertinggi pulau Lantau.
Masih harus naik 200-an anak tangga untuk sampai di puncak tempat Giant Buddha.
Jangan lupa cicipi makanan vegetarian di kantin Po Lin Monastery. Saya memesan 3 macam jenis "daging" seharga HK$27 yang tentu saja bukan berasal dari hewan. Makanan di sini boleh dikategorikan halal karena tidak menggunakan segala jenis daging.

Giant Buddha dan Po Lin Monastery

Setelah puas berjalan menikmati pemandangan, kami berangkat ke Tai O, sebuah kampung nelayan di barat laut pulau Lantau, yang terkenal sebagai "Venice of Hong Kong".
Dari NgongPing bus terminus kami naik bus no.21 yang tentu saja tidak perlu membayar lagi karena kami sudah membeli Day Pass Ticket seharga HK$35.
Jika tidak, kita harus membayar HK$6,6 untuk hari biasa, dan HK$14 untuk hari Minggu dan hari libur.
Jadwal bus ini dari NgongPing mulai jam 7.30 - 18.15, sebaliknya dari Tai O  dimulai jam 7.45 - 17.45.

Perjalanan sekitar 20 menit, kami tiba di Tai O. Meskipun sempat terjadi kebakaran pada tahun 2000 yang lalu, masyarakat di sini tetap mempertahankan ciri khas desa dengan rumah panggung, saluran air, dan kapal nelayannya.
Makanan khas yang diproduksi di sini antara lain ikan asin, tripang, terasi, rusip, dan lain-lain. Sayang sekali, rusip (mihakoi/shrimp paste) yang saya beli di sini tidak lolos imigrasi dan terpaksa saya tinggalkan.
Menampilkan Smiley Pada Postingan

Berbeda dengan desa nelayan di Indonesia, tempat ini sangat bersih, tidak terlihat sampah yang berserakan, dan tidak ada bau yang tidak sedap.
Foto-foto di Tai O
Penjual daging gurita di Tai O

Hari semakin sore, niat ke Mui Wo dan Pui O terpaksa kami batalkan karena malam ini kami harus mampir ke rumah Khiu-khiu saya yang di Tsing Yi.

Dari terminal bus Tai O, selanjutnya kami naik bus no.11 tujuan TungChung Town Centre. Harga HK$11,8 untuk hari biasa dan HK$19,2 untuk hari minggu dan hari libur.
Kembali kami melenggang masuk ke bus tanpa bayar, tinggal tunjukkan tiket terusan ke sopir busnya saja. Selain itu, semua bus dilengkapi alat penerima pembayaran menggunakan Octopus Card.
Perjalanan pulang sekitar hampir 1 jam, termasuk melewati Cheung Sha Beach, pantai terpanjang di Hong Kong yang terbentang sepanjang 2km.

Tips:
Untuk memperoleh voucher hotel 130.000 IDR, silahkan download aplikasi HQ di sini, kemudian masukkan kode YLIMP pada menu redeem voucher pada aplikasi yang sudah diunduh tadi. Kode YLIMP hanya bisa digunakan jika download aplikasinya melalui link yang saya tautkan tadi.